Sabtu, 08 Oktober 2011

Expo Kesehatan, Coba Hapuskan Kesan Lama Puskesmas

suarasurabaya.net| Dengan memilih tema: Moms and Baby Life Expo, gelaran ekspo kesehatan, yang dimulai Jumat (7/10/201) tersebut sejatinya merupakan sebuah upaya untuk menghapuskan kesan lama Puskesmas.

Puskesmas seringkali dianggap masyarakat sebagai tempat berobat yang kumuh, tidak bersih serta hanya untuk mereka yang tidak mampu. Padahal, saat ini, Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat sudah jauh berubah.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Puskesmas dulu dan sekarang sudah jauh berbeda. Kalau dulu Puskesmas dianggap tempat berobat yang tidka bersaih dankumuh, justru saat ini Puskesmas sudah jauh berbeda. Tampil baru,” terang Dr. Esti Martiana Rachmie Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Surabaya.

Saat ini, lanjut dr Esti, keberadaan Puskesmas tak ubahnya seperti rumah sakit umum tetapi dalam skala lebih kecil. “Karena pada dasarnya Puskesmas memang berbeda dengan rumah sakit. Tetapi saat ini, Puskesmas hadir jauh berbeda dengan Puskesmas yang dulu,” tambah Esti.

Untuk memperlihatkanperubahan tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya menghadirkan sebuah pameran kelengkapan dan penampilan Puskesmas-puskesmas modern yang ada di wilayah Surabaya.

Kalau dulu Puskesmas hanya dianggap sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi Ibu dan anak, ekspo kesehatan yang digelar di Galaxy Mall Surabaya tersebut membantah hal itu.

Sementara itu Tri Rismaharini Walikota Surabaya dalam sambutannya, berharap dengan pameran kesehatan untuk Ibu dan anak, memberikan pemahaman baru pada masyarakat tentang keberadaan Puskesmas.

“Kalau dulu Puskesmas hanya dianggap tempat memeriksakan kesehatan para Ibu dan anak-anak atau bayinya, sekarang ini Puskesmas sudah berubah. Bahkan lebih modern. Mudah-mudahan dengan pameran ini, masyarakat jauh lebih tahu kemajuan Puskesmas,” tutur Tri Rismaharini membuka ekspo kesehatan, Jumat (7/10/2011).(tok)

Teks foto:
-Satu diantara stand ekspo kesehatan yang menampilkan menu sehat sederhana.
Foto: Totok suarasurabaya.net

0 komentar:

Posting Komentar